Rabu, 05 Desember 2012

Pengertian Perilaku Menyimpang Menurut Para Ahli

Lewis Coser
Mengemukakan bahwa perilaku menyimpang merupakan salah satu cara untuk menyesuaikan kebudayaan dengan perubahan sosial.
Lemert
Penyimpangan dibagi menjadi dua bentuk yaitu penyimpangan primer (primary deviation) dan penyimpangan sekunder (secondary deviation). 
Soerjono Soekanto
Penyimpangan terhadap kaidah-kaidah & nilai-nilai dalam masyarakat. 
J.J. Mancionis
Pelanggaran terhadap norma masyarakat. 
Horton dan Hunt
Perilaku menyimpang adalah perilaku yang dinyatakan sebagai suatu pelanggaran terhadap norma kelompok/masyarakat.
Freud
Menuru Freud, perilaku menyimpang adalah perilaku yang terjadi apabila id yg berlebihan (tidak terkontrol) muncul bersamaan dengan superego yang tidak aktif. 
Andi Mappiere
Menurutnya, perilaku menyimpang disebut juga dengan Tingkah Laku Bermasalah. Tingkah laku bermasalah masih dianggap wajar jika hal ini terjadi pada remaja. Maksudnya, tingkah lau ini masih terjadi dalam batas ciri-ciri pertumbuhan dan perkembangan sebagai akibat adanya perubahan secara fisik dan psikis.
Ronald A. Hordert
Menurut Ronald A. Hordert, perilaku menyimpang adalah setiap tindakan yang melanggar keinginan-keinginan bersama sehingga dianggap menodai kepribadian kelompok yang akhirnya si pelaku dikenai sanksi.
Casare Lombroso
Menurut Casare Lombroso, perilaku menyimpang yaitu perilaku yang disebabkan oleh faktor biologis, psikologis dan sosiologis.
Sutherland
Menurut Sutherland perilaku menyimpang yaitu perilaku yang dilakukan remaja yang merupakan sesuatu yang dapat dipelajari.

1 komentar: